Pada Kamis, 24 Maret 2022 melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 26/D/O/2022, SMK Katolik St. Louis dinyaakan telah lulus seleksi dan ditetapkan sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah kejuruan Pusat Keunggulan tahun 2022 tahap 2. Penetapan ini dimaksudkan untuk mengembangkan pendidikan kejuruan agar semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia kerja dan mampu untuk mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan. Maka SMK Pusat Keunggulan dapat menjadi model Satuan Pendidikan yang bermutu.

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Dalam hal ini kompetensi Keahlian yang ditetapkan sebagai program keunggulan untuk SMK Katolik St. Louis adalah bidang Seni dan Ekonomi Kreatif dengan konsentrasi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV).

Dukungan kemendikbud dalam program SMK Pusat Keunggulan berupa penguatan sdm melalui program pelatihan dan pendampingan yang intensif untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja, menguatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, memberi bantuan dan hibah untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang berstandar dunia kerja, memberi pendampingan pada sekolah untuk melaksanakan manajemen berbasis sekolah, pendampingan oleh perguruan tinggi dalam perencanaan dan pengelolaan program dalam rangka mengembangkan sinergi dengan dunia kerja, serta kolaborasi dan koordinasi intens antara pemerintah pusat dan daerah demi mendukung penyelenggaraan SMK Pusat Keunggulan yang berkesinambungan.

Share this Article