Teknologi masa kini tak dapat dibendung perkembangannya. Semakin banyak manusia yang berorientasi pada teknologi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tak bisa dipungkiri bahwa kenyamanan, kecepatan, dan ketepatan yang disajikan oleh teknologi membuat manusia jaman now terlena. Bahkan generasi lama yang konvensional, lambat laun meninggalkan alat-alat kuno yang terlalu lama mengolah data. Dimanapun berada dapat dipastikan sosok manusia takkan bisa dilepaskan dari teknologi. Salah satu teknologi yang dekat dengan kita yaitu HP. Pernahkah kita membayangkan bahwa hanya dengan benda berbentuk persegi panjang ini kita dapat menakhlukkan dunia. Dengan satu sentuhan di layar HP maka kondisi rumah, pabrik, kantor, jalan, atau lokasi kejadian dapat diketahui dengan mudah dan cepat. Bagaimana dengan dunia yang lain, apakah juga terpengaruh oleh teknologi. Jawabannya pasti anggukan kepala.

Dunia lain yang ikut terpengaruh teknologi adalah dunia otomotif. Bukan hanya model terbaru yang dicari oleh konsumen, namun kecanggihan teknologi turut mempengaruhi harga mobil. Konsumen ingin dimanjakan oleh mobil yang mereka miliki. Hal inilah yang membuat kami, SMK Katolik St.Louis merasa bangga ketika bergabung dalam sharing technology bersama Wuling Motors. Pabrikan yang bergerak di bidang otomotif/mobil ini bermarkas di Cikarang. Wuling Motors mulai mendobrak pasaran mobil Indonesia dengan cara menyajikan fitur canggih namun harga sangat terjangkau. Hari Senin tanggal 7 Maret 2022 pukul 09.00 menjadi hari yang bersejarah bagi SMK Katolik St.Louis karena hanya sekolah kami yang diajak untuk Sharing Technology dengan Wuling Motors. Acara ini melibatkan para siswa kelas X TKR dan kelas XI TKR, guru pengajar TKR, Waka Humas (Bapak Donny Riandono), dan tim promosi. Antusiasme sangat terlihat dari wajah para siswa dan guru pendamping saat mengikuti sharing technology. Rasa penasaran dan kebanggaan muncul bersamaan saat melihat langsung kecanggihan dari mobil ALMAZ RS. Fitur yang disajikan sangat canggih. Mulai dari kamera 360, Internet of Vehicle, Wuling Indonesian Command, Advanced Driver Asisstance System, WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem).

Acara sharing technology ini diberikan oleh Bapak Johanes Marihot Sitanggang. Beliau adalah Service Operation Manager Wuling Arista Jawa Timur. Bapak Johanes ini memimpin layanan purna jual Wuling Motors yang disebut sebagai After Sales Wuling Motors. Beliau alumni SMK Katolik St.Louis Surabaya yang aktif sebagai Ketua OSIS 2 di bidang kreatifitas dan seni. Dalam presentasinya, dijelaskan bahwa Wuling memiliki 3 produk unggulan yang mampu bersaing di pasar mobil Indonesia. Tiga mobil pesaing handal itu yaitu Confero (pesaing di kelas Toyota Avanza, Xenia), Cortez (pesaing di kelas Toyota Innova) dan Wuling Almaz RS (pesaing di kelas CRV, Pajero dan Fortuner).

Sharing technology bersama Wuling Motors ini menunjukkan bahwa SMK Katolik St.Louis selalu terdepan dalam hal teknologi. Kami selalu mengikuti perkembangan terbaru teknologi sehingga dapat dipastikan para siswa yang bergabung dengan SMK Katolik St.Louis selalu terupdate pengetahuan dan kompetensinya.

( Penulis : Ratna Kusuma Tams )

Share this Article