Di era globalisasi ini, tanpa kita sadari peran bahasa Indonesia semakin tergeser dengan bahasa asing yang semakin merajai di negeri ini. Apa upaya kita sebagai pendidik dalam menghidupkan bahasa Indonesia. Pertanyaan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab guru, namun juga menjadi tanggung jawab  kita sebagai pengajar di sekolah. SMK Katolik St.Louis mengadakan Lomba Bulan Bahasa ini karena melihat latar belakang pada pembiasaan peserta didik masa kini. Kemampuan tampil dengan penuh percaya diri merupakan sesuatu yang bernilai mahal. Pada umumnya peserta didik cenderung menyaksikan daripada disaksikan. Mereka umumnya enggan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki dengan alasan malu dan kurang percaya diri. Hal ini sangat memprihatinkan dan mendasari pelaksanaan kegiatan Bulan Bahasa ini. Selain itu, di sekolah-sekolah juga mulai meredup pelaksanaan Lomba Bulan Bahasa. Hanya civitas akademika yang biasanya menyelenggarakan Lomba Bulan Bahasa.

Kegiatan Bulan Bahasa merupakan wujud kepedulian kita sebagai pendidik kepada peserta didik sebagai generasi muda untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggan terhadap bangsa dan bahasa. Dengan Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober diharapkan peserta didik dapat menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan nasional dan bahasa negara. Peserta didik mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional, dan kematangan sosial. SMK Katolik St.Louis Surabaya menyelenggarakan kegiatan Bulan Bahasa dalam rangka menggali bakat dan minat peserta didik. Kegiatan Bulan Bahasa membentuk karakter dan jati diri peserta didik sehingga dapat meningkatkan nilai-nilai luhur melalui sastra.

Kegiatan Bulan Bahasa ini dilaksanakan tanggal 12-15 Oktober 2021. Jenis lomba yang ditampilkankan yaitu lomba membaca puisi, lomba berpidato, dan lomba musikalisasi puisi. Proses penjurian dilaksanakan pada tanggal 12-14 Oktober 2021. Pengumuamn pemenang lomba secara live streaming youtube tanggal 15 Oktober 2021. Lomba Bulan Bahasa ini diikuti 13 SMP se-Jawa Timur dengan total peserta lomba 46 siswa. Pengiriman video melalui instagram. Antusias para peserta terlihat dari hasil karya yang dikirimkan. Para peserta lomba benar-benar tampil secara maksimal dan memukau. Pemenang Lomba Bulan Bahasa ini diraih oleh beberapa SMP se-Jawa Timur diantaranya, SMP Maria Fatima Jember, SMP Petra 1 Surabaya, SMP Santo Yosep Surabaya, dan SMP Karitas 2 Surabaya. Lomba Bulan Bahasa ini diharapkan dapat meningkatkan potensi para siswa, melatih para siswa agar percaya diri, mengobati kerinduan pada Lomba Bulan Bahasa. Hasil karya para peserta merupakan acuan bagi para penikmat puisi, pidato dan musikalisasi puisi. Karya-karya dalam Lomba Bulan Bahasa yang dikirimkan di instagram SMK St.Lous merupakan karya luar biasa dan membuat takjub para juri dan penikmat instagram. Acara ini patut diselenggarakan secara berkala setiap tahun agar karya anak bangsa tetap dapat tersalurkan di Lomba Bulan Bahasa ini. Hal ini juga merupakan sarana untuk tetap membuat bahasa Indonesia menjadi satu-satunya bahasa yang dibanggakan di kalangan anak muda. Bahkan bisa dimungkinkan Bahasa Indonesia menggeser bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang maka kita sebagai generasi milennial wajib mengusahakan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dikenal oleh seantero dunia. (Penulis : Ratna Kusuma Tamsi, S.Pd)

LOMBA MEMBACA PUISI

JUARANAMAASAL SEKOLAH
1STEVANNY MONICHA ANDRIALISTISMPK MARIA FATIMA JEMBER
2YOSEFA CHINTYA KASIHSMPK MARIA FATIMA JEMBER
3REGITA CAHYANI WIBOWOSMP KATOLIK KARITAS II

LOMBA BERPIDATO

JUARANAMAASAL SEKOLAH
1CLARRENCE NATHANIA HADISMPK MARIA FATIMA JEMBER
2MARIA GORETTI AMABLE JUFELIENDSMP SANTO YOSEF SURABAYA
3SKOLASTIKA NATHANIA PUTRI PSMP SANTO. YOSEF SURABAYA

LOMBA MUSIKALISASI PUISI

JUARANAMAASAL SEKOLAH
1MARIA BENEDICTA AMORATI PAWITRA KINASIHSMP SANTO YOSEF SURABAYA
2HENOKH GABRIEL CAYADISMP PETRA 1
3RINO DWIPA ARDIGUNASMPK KARITAS II

Recent Posts

Share this Article