“Selamat pagi semuanya” bukanlah sambutan yang asing di telinga kita. Namun, akan berbeda rasanya jika kalimat tersebut diucapkan saat pertama kali bertemu dengan guru di sekolah yang baru. MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) adalah masa di saat pertama murid melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Di sini murid akan dikenalkan pada seluruh bagian dari sekolah mulai dari lingkungan sekolah itu sendiri, guru dan tentunya juga teman-teman mereka yang baru. Sayangnya, pandemi yang masih berlangsung tidak mengizinkan para peserta didik baru untuk saling bertemu tatap muka. Sehingga MPLS kali ini dilaksanakan secara online, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pada MPLS hari ke-3, saya diizinkan untuk mengamati kegiatan peserta MPLS dari kelas 10 TKJ 2. Kegiatan mereka diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Vincentian, dan tidak lupa juga Batalyon SMK St. Louis. Adapun saat menyanyikan lagu Batalyon, mereka tampak sangat semangat dan gangguan sinyal tak dapat mematahkan semangat mereka. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran jarak jauh mungkin dapat menghambat proses belajar, namun tidak dengan antusiasme mereka. Mendengar suara merdu menggema anak didiknya, Erick Kresnamurti, S.Kom. berkata “Wow, luar biasa sekali. Saya suka ini.”

Setelah pertemuan pembuka, mereka diarahkan pada channel youtube SMK St. Louis untuk mendengarkan materi umum tentang sekolah. Yaitu sesi penanaman karakter, materi kesiswaan, materi tata tertib. Sesudah itu, para murid kembali ke pertemuan online, dan sejenak mendengarkan materi BK dan mengerjakan tugas. Sebagai jeda sebelum mengakhiri pertemuan hari ini wali kelas menyampaikan sekilas tentang peraturan dalam lab TKJ, antara lain tidak boleh membawa makanan dan minuman, meletakkan tas pada tempatnya, tidak boleh ugal-ugalan karena banyak barang elektronik dan tidak boleh memanggil beruang laut. Setelah sesi singkat tersebut akhirnya hari ke-3 MPLS ditutup dengan pengumuman singkat dari OSIS, menyanyikan lagu nasional, serta refleksi dan doa.

Sekian tentang MPLS hari ke-3. Dengan adanya kegiatan ini sekolah berharap agar para murid dapat mengenal lingkungan sekolah yang baru. Semoga ini adalah awal yang baru bagi para peserta didik baru.

Recent Posts

Share this Article