Pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, SMK St. Louis Surabaya mengadakan upacara wisuda angkatan 42 yang untuk pertama kalinya dilaksanakan secara online. Beberapa perwakilan yang hadir di ruang Aula, juga menerapkan protokol kesehetan yang amat ketat demi menghambat laju penularan virus Covid-19.

Upacara wisuda dibuka dengan doa oleh Bapak Agustinus Setyo Harmoko, S.S. Doa di ikuti dengan khidmat oleh seluruh partisipan. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat dari  kepala dan wakil kepala sekolah. Usai perkenalan, kepala sekolah (Bapak Agustinus Rianta,S.Pd) secara resmi membuka acara, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Setelah itu, dibacakan surat keputusan kepala sekolah oleh sekretaris pelaksana ujian sekolah 2020/2021 (Ibu Katarina Watini, S.Si) dan dinyatakan bahwa seluruh siswa dari semua jurusan angakatan 42 dinyatakan lulus.

Para wisudawan kemudian dikukuhkan oleh kepala sekolah dan dilakukan pemberian ucapan selamat bersama dengan kepala kompetensi keahlian. Dimulai dari TAV (Bapak Drs. Antonius Irianto,M.Pd), kemudian TBSM (Bapak Georgius Adi Poerwantoro, S.Pd), TKJ (Bapak Christophorus Agung Swandharu, S.T), TKRO (Bapak Setioko Bonefasius,S.Pd), TPM (Bapak Yohannes Setyo Kuntari Cahyo,S.Pd), dan MM (Ibu Evelyne Ceny Siscaully Simanjuntak,SST). Sebagai pengumuman singkat diinformasikan bahwa 80% dari wisudawan memilih untuk bekerja dan 11 diantara telah diterima. Sedangkan 20% sisanya memilih untuk berkuliah.

Berikutnya, para wisudawan membacakan janji wisudawan yang dipimpin oleh (Jerry Hermanto dan Meliana Stacey). Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan Mars Vinventius dan penyampaian kesan-kesan wisudawan oleh Paskalis Reynaldi E. G. Setelah itu, ada pembacaan pernghargaan prestasi dan lulusan dengan nilai akademis tertinggi.

Upacara wisuda kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kembali wisudawan kepada orang tua. Wakil dari orang tua wali murid kemudian memberikan beberapa kesan pesan. Setelah itu dinyatakan bahwa para wisudawan secara resmi menjadi alumni. Yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua alumni (Pak Tony Hartanto), wakil dunia industri (Pak Samsuhadi Sugiono dari Smartravel), kepala sekolah, dan pengurus lazaris (Romo Martinus Irwan Yulius, CM).

Acara memasuki sesi penutupan. Dilakukan doa penutup oleh Bapak Agustinus Setyo Harmoko, S.S dan pemberkatan oleh Romo Sandi, CM. Upacara wisuda telah selesai dan ditutup secara resmi oleh kepala sekolah. Kemudian diakhiri oleh Henny Artha Purwanti,S.Pd sebagai ketua panitia wisuda. Akhir kata, selamat berkarya untuk para wisudawan. Semoga kelulusan ini menjadi hadiah atas hasil kerja keras kalian selama bersekolah di SMK St. Louis, Surabaya.

Recent Posts

Share this Article