Pada hari Jum’at, tanggal 10 April 2021 SMK St. Louis melangsungkan misa peringatan paskah. Misa ini dipimpin oleh romo Gregorius Sandy D.K, CM. Pada misa ini, protokol kesehatan yang ketat masih diterapkan selama misa yang dilaksanakan di ruang aula. Hari ini romo menjadikan kebangkitan Yesus sebagai homilinya.

“Hai anak-anak, adakah diantara kalian yang mempunyai lauk-pauk?” Sambut romo mengawali homilinya. Romo kemudian menjelaskan bahwa dalam setiap penampakan Yesus yang bangkit, ada 2 hal yang dapat kita ambil: Yesus yang bangkit adalah sebagai Yesus yang hidup dan tidak sebagai hantu, setiap kali Yesus bangkit selalu diawali ketidak percayaan yang kemudian berubah menjadi sukacita. Mengapa bisa datang suka cita? Seperti halnya murid Yesus yang merasa bingung dan kehilangan setelah wafat-Nya. Mereka kemudian mendapatkan kembali sosok yang dirindukan. Maka, seiringan dengan sosok tersebut, sukacita datang menemui mereka.

Romo juga mengungkapkan kejadian ini dengan kisah Petrus dan murid lainnya saat memancing. Mereka tidak mendapatkan ikan sama sekali. Namun, saat Yesus datang mereka berhasil menangkap 153 ikan. Kedatangan Yesus saat itu adalah ketika Ia menampakkan diri di pantai danau Tiberias dan kemudian berkata “Hai anak-anak, adakah diantara kalian yang mempunyai lauk-pauk?” (Yohanes 21:5). Apa yang dapat kita pelajari dari kejadian tersebut? Kita seringkali melewati masa-masa gelap dan menjauh dari Tuhan. Yang membawa kita jauh pergi dari ketaatan, bertindak semaunya sendiri, mendapat kegagalan, dan kehilangan hidup kita. Tapi, saat disapa kembali oleh Tuhan, kita mendapatkan kebangkitan dan hidup kita yang baru.

Di akhir homili, Romo mengatakan murid-murid mampu menghitung dan mengingat dengan teliti jumlah ikan yang mereka dapatkan saat Yesus menampakkan dirinya. Begitu pula kita, yang dapat mengingat setiap detail kejadian istemewa dalam hidup kita. Ingatan tersebutlah yang kita beri nama “Kenangan”. Jadi, apa yang akan kita lakukan untuk bangkit dan memulai hidup baru yang lebih baik? Kenangan apa yang akan kita buat hari ini? Akhir kata, terima kasih telah membaca. Semoga sukacita paskah bersama kita semua.

Recent Posts

Share this Article